Kegiatan perdagangan tahun 2013 di Bursa
Efek Indonesia (BEI) resmi ditutup sore ini. Ketua Dewan Komisioner (DK) Otoritas
Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad, menutup perdagangan bursa 2013 di BEI.
Layanan atau service merupakan salah satu bagian penting dari perusahaan. Bahkan saking pentingnya, tidak sedikit perusahaan yang memberikan training kepada para karyawan bagian front liner mereka secara berkala untuk meningkatkan layanan kepada konsumen. Kita semua telah menyadari bahwa pengaruh layanan pada penjualan sangat luar biasa. Bahkan persaingan dengan competitor dalam hal harga bisa dimenangkan dengan layanan konsumen yang lebih memuaskan. Apalagi di era sekarang dimana konsumen telah berubah menjadi konsumen yang cerdas dan kritis. Faktor layanan menjadi hal yang sangat diutamakan.
Layanan atau service merupakan salah satu bagian penting dari perusahaan. Bahkan saking pentingnya, tidak sedikit perusahaan yang memberikan training kepada para karyawan bagian front liner mereka secara berkala untuk meningkatkan layanan kepada konsumen. Kita semua telah menyadari bahwa pengaruh layanan pada penjualan sangat luar biasa. Bahkan persaingan dengan competitor dalam hal harga bisa dimenangkan dengan layanan konsumen yang lebih memuaskan. Apalagi di era sekarang dimana konsumen telah berubah menjadi konsumen yang cerdas dan kritis. Faktor layanan menjadi hal yang sangat diutamakan.
Pengaruh layanan pada penjualan
bisa dilihat dari besarnya tingkat penjualan. Bila pelayanan oke, maka secara
otomatis nilai penjualan juga oke. Perusahaan yang memperhatikan layanan kepada
pelanggannya dan tidak hanya berorientasi pada target pasti akan lebih banyak
memiliki pelanggan. Sehingga tanpa disadari target penjualan akan terpenuhi
tanpa harus melupakan pemberian layanan yang oke kepada para pelanggan. Dengan memandang
pelanggan sebagai manusia yang memang harus dilayani, maka layanan yang kita
berikan tidak hanya menyangkut nama perusahaan dan terkait dengan penjualan
ataupun pembelian, namun secara tidak langsung kita telah memberikan sebuah
kenyamanan kepada para pelanggan kita tersebut.
Pada dasarnya setiap pelanggan,
baik itu dari kalangan ekonomi bawah sekalipun cenderung ingin dilayani. Dan
layanan yang kita berikan akan menyenangkan untuk dilakukan bila kita
melakukannya dengan jujur dan tulus. Ingat, tanpa pelanggan, kita bukan apa -
apa. Dengan memiliki pelanggan yang loyal, usaha kita pasti bisa berjalan
dengan lancar. Karena tanpa adanya pelanggan yang loyal, aktivitas usaha kita
juga harus fokus mendapatkan pelanggan selain harus tetap fokus terhadap target
penjualan.
Pengaruh layanan pada pejualan
memang tidak bisa dipungkiri lagi. Tingginya kualitas layanan menunjukkan
tingginya dedikasi sebuah perusahaan kepada masyarakat. Oleh karena itu,
mengutamakan layanan merupakan sebuah keharusan bagi perusahaan yang ingin
tetap eksis dalam persaingan bisnis yang semakin ketat saat ini. Besar,
terkenal, dan murah saja tidak cukup untuk bisa 'mengikat' pelanggan tetap
loyal terhadapa perusahaan kita. Namun bila ditambah dengan faktor layanan yang
bagus maka tidak ada alasan lagi bagi para pelanggan untuk meninggalkan kita
dan beralih ke kompetitor kita.
ANALISA:
Layanan yang prima
kepada pelanggan merupakan suatu keharusan bila kita tidak ingin tergeser dari
persaingan dunia bisnis. Perilaku konsumen yang sudah semakin cerdas telah
menempatkan kualitas layanan pada urutan teratas mengalahkan kualitas
produk/jasa dalam hal pertimbangan untuk menggunakan/membeli barang/jasa.
Aapalagi saat ini akses keluhan pelanggan telah meluas, bila semula hanya pada
surat komplain yang dilayangkan pada perusahaan, saat ini keluhan pelanggan
sudah bisa ditulis dimana saja. Mulai dari Surat Kabar nasional, milis, serta
berbagai sosial media yang lain. Tentu saja bila satu orang saja pelanggan
merasa kecewa dengan layanan yang diberikan, berita tersebut akan dengan cepat
menyebar luas sehingga bisa berakibat fatal bagi pengusaha itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar