Pemberdayaan UMKM yang
berkembang pesat sudah dibuktikan dengan munculnya produk-produk lokal yang
mulai banyak diminati oleh berbagai negara selain Indonesia. Produk lokal
tersebut walaupun berasal dari pelosok daerah namun mampu menunjukkan kemajuan
ekonomi negara Indonesia sendiri. Biasanya produk lokal yang dipasarkan
berupa kerajinan tangan seperti anyaman bambu, sulam, hasil tenun, kain batik,
pakaian, makanan khas atau camilan dan sebagainya.
Untuk
membuat produk lokal terangkat namanya di kancah perdagangan internasional
tentunya memerlukan beberapa strategi jitu, agar nantinya semakin berkembang
dan bisa ditiru oleh daerah lain yang belum berkembang atau menghasilkan
apa-apa. Strategi apa saja yang perlu dilakukan jika Anda berminat melakukan
bisnis UMKM dengan hasil produksi lokal Anda? Berikut ini tipsnya:
1. Produk Berkualitas. Anda perlu menyiapkan produk yang benar-benar
bermutu dengan proses sortiran yang sempurna juga. Biasanya para pembeli dari
luar negeri khususnya menginginkan produk yang sempurna tanpa cacat. Cara
mengemas produk juga harus menarik. Misalnya produk makanan, diberi label
makanan yang lumayan unik. Dengan kemasan produk yang menarik dan berkelas,
tentunya akan berpengaruh pada nilai jual, semakin bagus maka pembeli semakin
tertarik dan harga yang ditawarkanpun bisa tinggi.
2. Jaringan Diperluas. Jaringan pemasaran dari lokal atau hanya satu
provinsi bisa ditingkatnya menjadi antar provinsi. Hal ini sebenarnya merupakan
tahapan agar produk Anda dikenal oleh orang banyak. Namun, jika Anda bisa
menjalin jaringan secara personal, misalnya produk Anda berupa kerajinan dan
Anda memiliki rekan seorang penikmat seni dan berasal dari luar negeri hal ini
bisa dimanfaatkan. Kembangkan pula pemasaran misalnya dari pasar tradisional ke
pasar modern taraf internasional seperti gerai-gerai Carrefour, pusat
perbelanjaan mall dan lain-lain.
3. Sering Aktif Pameran.
Pameran cukup efektif mengembangkan bisnis UMKM Anda. Selain mengenalkan produk
lokal Anda, dalam event pameran biasanya sebuah peluang untuk membuka lahan
kerjasama dengan investor, pembeli reseller, atau pembeli biasa yang berminat
berbisnis dengan Anda. Hal ini dapat meningkatkan omset penjualan, selain dari
hasil penjualan di pameran juga prospek bisnis ke depan karena semakin dikenal
oleh masyarakat.
4. Manfaatkan teknologi. Sarana teknologi adalah yang tercanggih untuk
melakukan apapun sekarang mulai dari pembelian penjualan dan bisnis. Anda
jangan takut untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi, karena banyak peluang
yang Anda dapatkan dari hal tersebut misalnya beriklan, membuat online-shop,
membangun jaringan sesama produk lokal dan lain sebagainya. Tentunya melalui
hal ini akan membuat strategi mengembangkan bisnis UMKM semakin sukses
karena banyak jaringan bisnis yang akan Anda dapatkan.
ANALISA:
Munculnya beragam produk local dari berbagai pelosok daerah,
tentunya menjadi salah satu bukti nyata bahwa sekarang ini pertumbuhan UMKM di
Negara Indonesia semakin menujukkan arah kemajuan yang cukup positif. Beragam jenis
produk rumahan maupun hasil produksi industry kecil pun kini mulai
memperlihatkan keunggulannya masing-masing, sehingga tidak menutup kemungkinan
bila produk local buatan UMKM Indonesia siap meramaikan persaingan pasar local,
nasional, bahkan hingga menjangkau pasar internasional.
Untuk bisa mengangkat produk local ke jangkauan pasar yang
lebih luas, pastinya para pelaku bisnis di penjuru daerah dituntut untuk bisa
lebih dalam menbangun jaringan bisnis, serta meningkatkan kemampuan dan
kreativitasnya dalam mengembangkan sebuah usaha, sehingga produk yang mereka
produksi benar-benar berkualitas bagus dan bisa berhasil memenangkan persaingan
pasar yang ada. Selain itu juga diharapkan
pemerintah dapat mendukung sepenuhnya UMKM sehingga UMKM dapat berjalan sesuai
yang diinginkan. Dengan adanya UMKM dapat menciptakan lapangan pekerjaan, jika
UMKM dapat berkembang pesat maka dapat mengurangi jumlah pengangguran.
https://umkmlokalberkembang.blogspot.com/2022/08/bagaimana-website-bisa-membantu-bisnis.html
BalasHapus